Eric Berne

Eric Berne dengan nama lengkap Eric Lennard Bernstein lahir 10 Mei 1910 di Montreal, Canada. Meninggal pada 15 Juli 1970. Ayahnya, Daud Hiller Bernstein, sebagai dokter umum dan ibunya, Sarah Gordon, seorang penulis dan editor profesional. Berkebangsaan Kanada. Eric berne menempuh pendidikan di McGill Universitymempelajari Bahasa Inggris, psikologi, dan pra kedokteran dan berhasil meraih gelar BA tahun 1931. Tahun 1935, Eric Berne berhasil meraih gelar MD dan Master Bedah di Universitas McGill. Setelah itu, dia melanjutkan pendidikannya di Yale University dan menjadi ahli kejiwaan.
Pada tahun 1950, teori analisis transaksional mulai dikembangkan oleh Eric Berne. Teori analisis transaksional merupakan teori modern.. Pandangan Berne berbeda dengan pandangan lainnya. Teori ini berdasarkan sikap dasar ego antara orang tua, dewasa, dan anak. Teori analisis transaksional merupakan teori tentang personalitas dan interaksi sosial. Teori ini terus bekembang menjadi salah satu metode konseling dan teori komunikasi dasar antar pribadi.

Eric Berne mengemukakan teori Analisis Transaksional. Pada tahun 1964 yang ditulisnya dalam buku Games People Play. Berne adalah seorang ahli ilmu jiwa terkenal dari kelompok Humanisme. Teori analisis transaksional merupakan teori terapi yang sangat populer dan digunakan dalam konsultasi pada hampir semua bidang ilmu-ilmu perilaku. Teori analisis transaksional telah menjadi salah satu teori komunikasi antarpribadi yang mendasar.
Kata transaksi selalu mengacu pada proses pertukaran dalam suatu hubungan. Dalam komunikasi antarpribadi pun dikenal transaksi. Yang dipertukarkan adalah pesan-pesan baik verbal maupun nonverbal. Analisis transaksional sebenarnya ber¬tujuan untuk mengkaji secara mendalam proses transaksi (siapa-¬siapa yang terlibat di dalamnya dan pesan apa yang dipertukarkan).
Dalam diri setiap manusia, seperti dikutip Collins (1983), memiliki tiga status ego. Sikap dasar ego yang mengacu pada sikap orangtua (Parent= P. exteropsychic); sikap orang dewasa (Adult=A. neopsychic); dan ego anak (Child = C, arheopsychic). Ketiga sikap tersebut dimiliki setiap orang (baik dewasa, anak-anak, maupun orangtua).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stephen W.Littlejohn

Whitney R.Mundt

Richard L.Lanigan