Herbert Blumer

Herbert Blumer lahir di St Louis, Missouri, pada tahun 1900. Ayahnya adalah seorang pekerja kabinet dan ibunya seorang ibu rumah tangga. Pada 1928 ia menerima gelar doktor dari University of Chicago, di mana ia datang di bawah pengaruh akademik George Herbert Mead, WI Thomas, dan Robert Park. Setelah lulus ia menerima posisi mengajar di Universitas Chicago, di mana ia tetap sebagai profesor sampai 1952. Ia menghabiskan dua puluh tahun terakhir karir mengajar, 1952-1972, sebagai Ketua Sosiologi di University of California di Berkeley.
Blumer aktif di sepak bola profesional selama tujuh tahun, dianggap sangat sebagai penengah dalam negosiasi tenaga kerja, dan dilaporkan memiliki banyak hubungan dengan anggota adegan kejahatan terorganisir Chicago. Interaksionisme Simbolik : Perspektif dan Metode, yang paling berpengaruh dalam tulisan Blumer, diterbitkan pada tahun 1969 dan dijelaskan prinsip-prinsip utama dari teori sosiologis dan metodologi.
Karya sebelumnya-Nya termasuk Film dan Perilaku (1933) dan Film, Kenakalan, dan Kejahatan (1933). Sebuah kumpulan esai tentang organisasi sosial dan industrialisasi terbentuk dari perspektif interaksionisme sosial yang diterbitkan secara anumerta pada tahun 1990.

Herbert Blumer mengemukakan teori Uses and Grafitications (kegunaan dan kepuasan).
Tahun 1974, Teori ini mengatakan bahwa pengguna media memainkan peran aktif untuk memilih dan menggunakan media tersebut. Dengan kata lain, pengguna media adalah pihak yang aktif dalam proses komunikasi. Pengguna media berusaha mencari sumber media yang paling baik di dalam usaha memenhi kebutuhannya. Artinya pengguna media mempunyai pilihan alternatif untuk memuaskan kebutuhannya.
Elemen dasar yang mendasari pendekatan teori ini (Karl dalam Bungin, 2007):
(1) Kebutuhan dasar tertentu, dalam interaksinya dengan
(2) berbagai kombinasi antara intra dan ekstra individu, dan juga dengan
(3) struktur masyarakat, termasuk struktur media, menghasilkan
(4) berbagai percampuran personal individu, dan
(5) persepsi mengenai solusi bagi persoalan tersebut, yang menghasilkan
(6) berbagai motif untuk mencari pemenuhan atau penyelesaian persoalan, yang menghasikan
(7) perbedaan pola konsumsi media dan ( perbedaan pola perilaku lainnya, yang menyebabkan
(8) perbedaan pola konsumsi, yang dapat memengaruhi
(9) kombinasi karakteristik intra dan ekstra individu, sekaligus akan memengaruhi pula
(10) struktur media dan berbagai struktur politik, kultural, dan ekonomi dalam masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stephen W.Littlejohn

Whitney R.Mundt

Richard L.Lanigan