Nobert Wiener

Wiener lahir di Columbia, Missouri, anak pertama dari Leo Wiener dan Bertha Kahn, orang-orang Yahudi dari Polandia dan asal Jerman, masing-masing. Leo dididik Norbert di rumah sampai tahun 1903, menggunakan metode pengajaran penemuan sendiri, kecuali untuk selingan singkat ketika Norbert tujuh tahun. Mencukupi kebutuhan hidupnya mengajar bahasa Jerman dan Slavia, Leo banyak membaca dan akumulasi perpustakaan pribadi dari mana Norbert muda mendapatkan banyak manfaat. Leo juga memiliki kemampuan yang cukup dalam matematika dan diajari anaknya di subjek sampai ia meninggalkan rumah. Dalam otobiografinya, Norbert menggambarkan ayahnya sebagai tenang dan sabar, kecuali dia (Norbert) gagal memberikan jawaban yang benar, di mana ayahnya akan marah.

Dia menjadi agnostik.

Setelah lulus dari Ayer SMA pada tahun 1906 di usia 11 tahun, Wiener dimasukkan Tufts College. Ia dianugerahi gelar BA dalam matematika pada tahun 1909 pada usia 14, dimana ia mulai studi pascasarjana zoologi di Harvard. Pada tahun 1910 ia dipindahkan ke Cornell untuk belajar filsafat.

Tahun berikutnya ia kembali ke Harvard, sementara masih melanjutkan studi filsafat. Kembali di Harvard, Wiener menjadi dipengaruhi oleh Edward Vermilye Huntington, yang kepentingan matematika berkisar dari yayasan aksiomatik untuk masalah rekayasa. Harvard diberikan Wiener Ph.D. pada tahun 1912, ketika dia hanya berusia 17 tahun, untuk disertasi pada logika matematika, diawasi oleh Karl Schmidt, hasil penting dari yang diterbitkan sebagai Wiener (1914). Dalam disertasi itu, ia adalah orang pertama yang menyatakan secara terbuka bahwa memerintahkan pasangan dapat didefinisikan dalam hal menetapkan teori dasar. Oleh karena itu hubungan dapat didefinisikan oleh teori himpunan, sehingga teori hubungan tidak memerlukan aksioma atau gagasan primitif berbeda dari orang-orang dari teori himpunan. Pada tahun 1921, Kazimierz Kuratowski mengusulkan penyederhanaan definisi Wiener pasangan memerintahkan, dan penyederhanaan telah umum digunakan sejak itu. Ini adalah (x, y) = {{x}, {x, y}}.

Pada tahun 1914, Wiener melakukan perjalanan ke Eropa, untuk diajar oleh Bertrand Russell dan G. H. Hardy di Cambridge University, dan oleh David Hilbert dan Edmund Landau di Universitas Göttingen. Selama 1915-1916, ia mengajar filsafat di Harvard, maka adalah seorang insinyur General Electric dan menulis untuk Encyclopedia Americana. Wiener sempat wartawan untuk Boston Herald, di mana ia menulis sebuah cerita fitur pada kondisi kerja yang buruk bagi pekerja pabrik di Lawrence, Massachusetts, tapi ia dipecat segera setelah itu untuk keengganannya untuk menulis artikel baik tentang seorang politisi pemilik surat kabar berusaha untuk mempromosikan.

Meskipun Wiener akhirnya menjadi pasifis gigih, dia penuh semangat berkontribusi pada upaya perang dalam Perang Dunia I. Pada tahun 1916, dengan masuknya Amerika ke dalam perang semakin dekat, Wiener menghadiri kamp pelatihan untuk perwira militer potensial, namun gagal untuk mendapatkan komisi. Satu tahun kemudian Wiener lagi mencoba untuk bergabung dengan militer, tapi pemerintah kembali menolaknya karena penglihatannya yang buruk. Pada musim panas 1918, Oswald Veblen diundang Wiener bekerja pada ilmu balistik di Aberdeen Proving Ground di Maryland.  Tinggal dan bekerja dengan matematika lainnya diperkuat minatnya dalam matematika. Namun, Wiener masih bersemangat untuk melayani di seragam, dan memutuskan untuk membuat satu upaya lebih untuk mendaftar, kali ini sebagai prajurit biasa. Wiener menulis dalam sebuah surat kepada orang tuanya, "Saya harus menganggap diri semacam cukup murah dari babi jika saya bersedia untuk menjadi seorang perwira tapi tidak mau jadi tentara." Kali ini tentara diterima Wiener dalam jajarannya dan menugaskannya, secara kebetulan, ke unit ditempatkan di Aberdeen, Maryland. Perang Dunia I berakhir hanya beberapa hari setelah kembali Wiener untuk Aberdeen dan Wiener diberhentikan dari militer pada bulan Februari 1919.

Wiener menulis banyak buku dan ratusan artikel :
1914, "A simplification in the logic of relations". Proc. Camb. Phil. Soc. 13: 387–390. 1912–14. Reprinted in van Heijenoort, Jean (1967). From Frege to Gödel: A Source Book in Mathematical Logic, 1879–1931. Harvard University Press. pp. 224–7.
1930, Wiener, Norbert (1930). "Generalized harmonic analysis". Acta Math. 55 (1): 117–258. doi:10.1007/BF02546511.
1933, The Fourier Integral and Certain of its Applications Cambridge Univ. Press; reprint by Dover, CUP Archive 1988 ISBN 0-521-35884-1
1942, Extrapolation, Interpolation and Smoothing of Stationary Time Series. A war-time classified report nicknamed "the yellow peril" because of the color of the cover and the difficulty of the subject. Published postwar 1949 MIT Press. http://www.isss.org/lumwiener.htm])
1948, Cybernetics: Or Control and Communication in the Animal and the Machine. Paris, (Hermann & Cie) & Camb. Mass. (MIT Press) ISBN 978-0-262-73009-9; 2nd revised ed. 1961.
1950, The Human Use of Human Beings. The Riverside Press (Houghton Mifflin Co.).
1958, Nonlinear Problems in Random Theory. MIT Press & Wiley.
1964, Selected Papers of Norbert Wiener. Cambridge Mass. 1964 (MIT Press & SIAM)
1964, God & Golem, Inc.: A Comment on Certain Points Where Cybernetics Impinges on Religion. MIT Press.
1966, "Norbert Wiener 1894–1964". Bull. Amer. Math. Soc. 72 (1 Part 2). 1966. doi:10.1090/S0002-9904-1966-11450-7. Published in book form.
1966, Generalized Harmonic Analysis and Tauberian Theorems. MIT Press.
1993, Invention: The Care and Feeding of Ideas. MIT Press. 1993. ISBN 0-262-73111-8. This was written in 1954 but Wiener abandoned the project at the editing stage and returned his advance. MIT Press published it posthumously in 1993.
1976–84, The Mathematical Work of Norbert Wiener. Masani P (ed) 4 vols, Camb. Mass. (MIT Press).
Wiener mengemukakan teori sibermetika. Istilah sibernet
ika berasal dari bahasa Yunani (Cybernetics berarti pilot). Istilah Cybernetics yang diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia menjadi sibernetika, pertama kali digunakan tahun 1945 oleh Nobert Wiener dalam bukunya yang berjudul Cybernetics.
Sibernetika adalah teori sistem pengontrol yang didasarkan pada komunikasi (penyampaian informasi) antara sistem dan lingkungan dan antar sistem, pengontrol (feedback) dari sistem berfungsi dengan memperhatikan lingkungan.
Seiring perkembangan teknologi informasi yang diluncurkan oleh para ilmuwan dari Amerika sejak tahun 1966, penggunaan komputer sebagai media untuk menyampaikan informasi berkembang pesat. Teknologi ini juga dimanfaatkan dunia pendidikan terutama guru untuk berkomunikasi sesama relasi, mencari handout (buku materi ajar), menerangkan materi pelajaran atau pelatihan, bahkan untuk mengevaluasi hasil belajar siswa. Prinsip dasar teori sibernetik yaitu menghargai adanya 'perbedaan', bahwa suatu hal akan memiliki perbedaan dengan yang lainnya, atau bahwa sesuatu akan berubah seiring perkembangan waktu. Pembelajaran digambarkan sebagai : INPUT => PROSES => OUTPUT.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Stephen W.Littlejohn

Whitney R.Mundt

Richard L.Lanigan